22 Februari 2012

Pedoman Gizi Seimbang Untuk Langsing dan Sehat

Selamat siang friends.. menjelang makan siang nih. Buat yang lagi program diet, yuk minum nutrishake-nya 30 menit sebelum makan siang. Membantu lho untuk mengontrol porsi makan. Mikir-mikir menu untuk makan siang, tiba-tiba inget pelajaran SD.. soal 4 sehat 5 sempurna. Masih inget kan?
Model 4S 5S diganti menjadi Pedoman Gizi Seimbang atau “Nutrition Guide for Balance Diet” di tahun 2003. Ya mirip-mirip sih dengan piramida 4 Sehat 5 Sempurna, cuma karena kurang sosialisasi.. tetep aja kenalnya sama 4S 5S :p
Tahun 2011 Indonesia mulai menggunakan Pedoman Umum Gizi Seimbang yang divisualisasi dalam bentuk tumpeng dengan nampannya yang disebut dengan “Tumpeng Gizi Seimbang”.
Berbeda dengan konsep 4S 5S yang menyamaratakan kebutuhan gizi semua orang, PUGS berprinsip bahwa tiap golongan usia, jenis kelamin, kesehatan dan akitifitas fisik memerlukan PUGS yang berbeda, sesuai dengan kondisi masing-masing kelompok tersebut.
TGS membantu setiap orang memilih makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat, sesuai dengan berbagai kebutuhan menurut usia (bayi, balita, remaja, dewasa, usia lanjut) dan sesuai keadaan kesehatan (hamil, menyusui, aktivitas fisik, sakit).
Potongan-potongan TGS dialasi dengan air putih, makanan pokok (sumber karbohidrat), sayuran dan buah, setelah itu baru protein hewani dan nabati, serta di puncak tumpeng terdapat potongan kecil gula, garam dan minyak yang hanya digunakan seperlunya.
Sebagai alas TGS, gizi seimbang juga harus menyertakan olahraga teratur, menjaga kebersihan dan memantau berat badan.
Di tahun 2011 Malaysia juga mengumumkan food pyramid-nya yg baru. Bandingkan dengan tumpeng gizi Indonesia.. ayo beda dimana?
Di bulan Juni 2011, ternyata Amerika mengganti pedoman gizi mereka dari konsep PYRAMID ke konsep My PLATE (piring). Hihi aku lebih suka lihat piring ini.. lebih mudah mengingat konsep yang sederhana ini saat memilih makanan untuk dikonsumsi sehari-hari.
Ternyata Swedia dan Inggris telah lebih dulu menggunakan konsep piring ini.. hmmm Indonesia kok belum ya? Ini The Eatwell Plate punya Inggris.
Nah, bagaimana untuk menjaga energi dan berat badan? My Plate-nya USDA bisa diikuti. Atau gunakan Plate Model berikut bersamaan dengan konsumsi Nutrishake diantara waktu makan.
    Selingan -->  

Sedangkan untuk membantu mencapai berat ideal, tambah porsi sayuran dan kurangi porsi protein dan karbohidrat diiringi dengan konsumsi Nutrishake 30 menit sebelum makan siang dan makan malam. 
      +    
30 Menit sebelum makan
 "There is no shorcut to success in everything you do. But if you keep on trying and consistent, plus with the guidance and help from GOD, you will find the triumph at the end of the road..."
.
Enjoy your day friends.. Salam Sehat ^_^
 

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...