18 Februari 2012

Bahaya Visceral atau Abdominal Fat

Fat atau lemak terbagi 2: 1. Lemak dibawah kulit, dibawah tangan dan dibawah pinggul. 2. Lemak di perut
Lemak di perut (visceral fat/abdominal fat/belly fat) yang menyelimuti usus dan hati berbahaya dan merusak walaupun saat tidur. Karena lemak ini mengeluarkan zat yang menyebabkan inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah terutama pembuluh darah otak dan jantung yang ditandai dengan penyempitan pembuluh darah sehingga menyebabkan serangan jantung dan stroke.
Visceral fat juga mempunyai kontribusi terhadap insulin resistance, glucose intolerance, dyslipidemia, hypertension dan coronary artery disease. 
Kalangan middle age (35-38) harus mulai memperhatikan karena proporsi tubuh mulai membesar di sekitar pinggang (apple shaped body figures), yang berarti beresiko memiliki visceral fat yang akan menyebabkan masalah kesehatan.
Secara umum, ada beberapa hal yg menyebabkan naiknya visceral fat yaitu 1. kelebihan berat badan; 2. Passive lifestyle; 3. Merokok; 4. Konsumsi alkohol; 5. Stres; 6. Diet yg tidak sehat
Ukuran pinggang bisa menjadi indikasi adanya visceral fat. Ukur lingkar pinggang kita, untuk wanita <89 cm dan laki-laki <102 cm harus berhati-hati karena beresiko tinggi terhadap problema kesehatan.
Bagaimana menguranginya? Jalani pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan olah raga. Kurangi lemak perut berlebih dengan mengurangi berat badan perlahan tidak lebih dari 1 kg per minggu.
 
 
 
 
 

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...