8 September 2011

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

Setiap orang terutama wanita tentu ingin mempunyai wajah yang bersih dari komedo.  Segala cara diupayakan untuk menghilangkan komedo. Sayang, hasilnya tetap saja di luar harapan. Dengan plester khusus, komedo tetap saja ada bahkan terlihat semakin jelas di bagian hidung. Memencet terlalu keras  membuat hidung merah dan sakit. Membeli dan menggunakan krim khusus berbahan kimawi, hasilnya juga  nihil.

Pada umumnya komedo yang terdapat diwajah kita dapat dihilangkan, asal kita rutin membersihkan wajah.  Nah, mengapa tidak mencoba perawatan di rumah? Karena dengan perawatan yang tepat, kita bisa mencegah kemunculan komedo sejak awal. Dan tak perlu mengatasinya dengan cara mahal, sebab tanpa ke luar rumah, kita juga bisa mengangkat komedo.

Timbulnya komedo ini lebih banyak disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Ini terjadi bila kita tidak rajin membersihkan kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit, lalu terjadilah penyumbatan. Make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak juga dapat memperparah keadaan.

Secara umum komedo terbagi menjadi dua yakni :
1. Blackhead (komedo terbuka), gumpalan massa sebum yang tampak seperti titik hitam pada permukaan kulit wajah dan tidak tertutup oleh epitel kulit, sehingga mudah dikeluarkan 
2. Whitehead (komedo tertutup), gumpalan massa sebum yang terjadi dibawah permukaan kulit. Terlihat seperti titik putih kekuningan. Permukaannya tertutup oleh epitel kulit membuat sulit untuk dikeluarkan.

Pada dasarnya ada dua cara menghilangkan komedo, yaitu secara alami maupun dengan penggunaan obat-obatan. Sebelum memilih cara penanganan komedo, ada baiknya untuk

1. Mengenali jenis kulit. Biasanya, komedo mudah muncul pada kulit wajah berminyak. Dengan mengenali jenis kulit, kita bisa lebih mudah memilih produk pembersih wajah yang sesuai.
2. Pilih pembersih yang tepat, yang dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang Anda gunakan.
3. Pilih pelembab yang cocok. Bagi kulit normal dan berminyak, gunakan pelembab oil free. Sebenarnya, tubuh memiliki sistem alami yang bisa mengatur kelembaban kulit.
4. Hindari produk comedogenic. Produk lain yang bisa menimbulkan komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, shampo berbahan ginseng, dan kondisioner. Perlu diketahui, bedak padat merupakan produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak padat terlalu lama tak hanya menimbulkan komedo, tetapi juga jerawat.
5. Hidup sehat dan cukup gizi. Cukup tidur dan istirahat, hindari stres. Hal ini mungkin terdengar klise, namun coba terapkan hal kebiasaan ini, dan lihat hasilnya.
6. Lakukan facial secara berkala dan setelah masa haid. Facial menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat.  Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar sebasia selama masa haid, yang memproduksi minyak lebih aktif.
7. Batasi mengonsumsi makanan berlemak misalnya cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak.
8. Jika tak sabar dan ingin segera menghilangkannya, pergi saja ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika komedonya sudah sangat banyak, dokter akan menggunakan bantuan teknologi laser.

Sedangkat untuk menghilangkan komedo di wajah, berikut beberapa  Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami  disadur dari Ehow
  • Cucilah muka dengan campuran air garam, tambahkan satu sendok makan garam dengan 8 ons air hangat. Garam akan membantu mengurangi minyak yang berlebih, dan menghilangkan komedo.
  • Ambil sedikit pasta gigi dan usapkan pada bagian yang berkomedo. Ini akan membantu mengurangi peradangan akibat komedo dan mengurangi kadar minyak berlebih, pastikan yang digunakan adalah pasta gigi bukan gel.
  • Peras jeruk atau lemon dan usapkan perasan tersebut ke daerah komedo, lalu biarkan semalaman. Asam dari lemon tersebut membantu mengurangi minyak di kulit.
  • Gunakan lidah buaya pada komedo, bisa dengan cara dibuat jus atau langsung mengaplikasikannya dari tanaman. Selain itu lidah buaya juga bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.
  •  Menggosok daerah berkomedo dengan batu es selama 10 menit, ini akan membantu mengencangkan atau menutup pori-pori dan mencegah debu atau mengurangi tempat untuk minyak tetap tinggal dikulit.
  • Campurkan satu putih telur dengan satu sendok makan madu dalam mangkuk hingga rata. Usapkan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat-hangat kuku. Campuran ini efektif untuk menghilangkan dan mencegah komedo.
  • Campurkan buah bit dengan air hingga membentuk pasta. Usapkan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 30 menit lalu bilas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah secara rutin seminggu sekali.
  • Minum lebih banyak air putih. Air putih membantu membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit lebih bercahaya.
Nah jika komedo sudah hilang, apa yang harus dilakukan agar komedo tidak mampir lagi ke wajah kita ? Lakukan Perawatan Wajah secara Rutin di rumah.

* * *

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...