4 September 2011

Temukan Gaya Berjilbabmu..

Baru memutuskan akan menggunakan jilbab? Pingin tetap tampil serasi, seperti penampilan sebelumnya tanpa jilbab? Coba lakukan beberapa langkah sederhana ini.

Pertama, kenali bentuk muka kita sendiri,

Foto diambil dari Google
 Kedua, kenali headband, inner, bonnet, scarf atau Shawl: baik fungsi dan pengaruhnya pada bentuk muka.
Headband, sebagai penarik rambut sekaligus memberikan efek tertentu pada bentuk wajah dan kepala. Bisa digunakan sebelum atau sesudah inner, tergantung jenis inner yang kita gunakan.

Inner/Bonnet, dikenal pula sebagai anakan kerudung, membantu agar rambut tersimpan rapi dan membuat jilbab 'diam' di kepala sehingga rapi sepanjang hari. Jenisnya bermacam-macam saat ini, ada ciput, baik bertopi atau tidak, ada juga yang disebut ciput ninja.

Foto diambil dari Google

Scarf/Shawl, scarf lebih identik dengan selendang segi panjang. Di Indonesia scarf sama dengan jilbab bujursangkar, sedangkan shawl adalah selendang yg dirajut berbentuk segitiga atau segi panjang. Pashmina masuk kategori shawl. Sebetulnya namanya banyak dan berbeda-beda.. namun untuk memudahkan aku golongkan menjadi scarf dan shawl saja.

Foto diambil dari Google
 Dalam memilih scarf/shawl untuk digunakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
  1. Aktifitas yang akan dilakukan, ke kantor, acara resmi atau undangan.
  2. Cuaca
  3. Ukuran, jika ingin menutup dada, minimal sisi scarf 115 cm. Khusus yang berbadan besar, diperlukan scarf dengan sisi 125 cm. Untuk Shawl biasanya sudah ada ukuran tersendiri, tinggal trik untuk memakai agar bisa menutup dada.
  4. Corak, pilih scarf polos jika motif pada busana sudah ramai. Pilih yang bercorak jika dikenakan coraknya berada jauh dari muka, agar muka tidak terlihat keruh.
  5. Warna, pilih yang satu nuansa dengan busana yang dikenakan. Pilih warna yang lembut untuk ke kantor.
  6. Detail Aplikasi, gunakan kerudung berpayet untuk acara malam hari. Jika ingin menggunakan di siang hari, pilih yang payetnya tidak berkilau alias matte atau dof.
Ketiga, tentukan gaya dasar berjilbab yang sesuai bentuk muka kita.
Ada dua gaya dasar berjilbab,
Pertama,  jilbab bertemu dibawah dagu. Gaya ini mampu memperkecil area muka. Cocok untuk bentuk wajah oval, bulat dan kotak
Kedua, jilbab bertemu dibalik tengkuk. Gaya ini menjadikan area rahang terlihat lebar. Cocok untuk bentuk wajah oval, segitiga, panjang dan diamond.

Secara lengkap.. ini panduan memilih jilbab sesuai bentuk wajah dari go girl, simak ya.

1. Bulat 

Kalo kita yang memiliki bentuk wajah bulat, kadang kita merasa sulit untuk mencari model jilbab yang tepat karena jika salah, wajah kita justru akan semakin terlihat bulat. Namun sebenarnya cukup mudah kok, kita bisa coba untuk menggunakan model hijab standar dan tetap menggunakan undercaps. Lalu pada bagian pipi  agak dimajukan sedikit untuk menghilangkan efek chubby. Dan sebisa mungkin hindari ya pemakaian jilbab dengan banyak drapery di kanan kiri bagian telinga.

2. Panjang 

Nah, bagi yang memiliki bentuk wajah panjang / lonjong, akan terlihat cantik  menggunakan Turkish hijab style. Karena biasanya jilbab model ini menggunakan undercaps hingga dahi, sehingga mengurangi efek panjang wajah.



3. Hati 

Biasanya bagi yang ‘berwajah’ hati, memiliki bentuk muka yang kecil (jarak dari dahi ke mata dekat), maka coba dihindari memakai model jilbab dengan model layering, karena akan membuat wajah semakin tenggelam. Sebaiknya nih kita menggunakan jilbab praktis seperti bergo ataupun model gipsi, dengan catatan: leher dan telinga harus tertutup sempurna ya.


4. Persegi 

Model jilbab gipsi sebaiknya sangat dihindari bagi yang memiliki bentuk wajah persegi. Karena model jilbab gipsi justru akan semakin menonjolkan bentuk rahang, dan membuat bentuk wajah  terlihat semakin ‘kotak’. Jadi, sebaiknya pilih model jilbab rounded shape. Untuk pemilihan bahan, coba pilih jilbab dari bahan soft chiffon dan motif polos atau floral. Nah, bahan seperti ini baru pilihan yang tepat, karena akan memperhalus bentuk wajah  yang terlihat kaku.


5. Oval 

Nah, beruntung lah bagi yang memiliki wajah oval, karena bentuk wajah oval bisa bebas menggunakan model jilbab yang kalian sukai. Dari pemilihan bahan hingga model apapun akan terlihat bagus pada wajah berbentuk oval.

Keempat, cobalah berbagai model berjilbab yang sesuai dengan 3 point yang telah disebutkan sebelumnya.

Apapun gaya yang dipilih, kuncinya ya.. percaya diri. Gaya apapun akan terlihat cantik jika kita percaya diri. :D. Yuk berhijab..

1 comments:

Bentuk wajah aq Diamond,sudah coba ke 4 cara diatas tdk ada yg pas dgn wajah qu, krn tulang pipiku yg menonjol/dominan, lalu model spt apa yg pas buat diamond face ini? TQ

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...